Universitas
Airlangga

Fakultas
Sains dan Teknologi

Universitas
Airlangga

Fakultas
Sains dan Teknologi

FST NEWS

Berbagi Kasih di Bulan Penuh Berkah bersama BEM FST UNAIR

Tanggal 23 – 24 Maret 2024, BEM FST bersama Himaki, Himbio, LPM Format, dan JIMM FST Universitas Airlangga (UNAIR) telah menjalankan Pengabdian Masyarakat RABU PEKA (Ramadhan Penuh Berkah) untuk mewarnai Bulan Ramadhan. Program kerja ini telah berhasil menjalankan beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari pemeriksaan mata gratis untuk anak panti, memberikan santunan kepada anak yatim piatu bersama IKA FST (Ikatan Alumni FST), berbagi takjil kepada warga yang membutuhkan, hingga menjalankan kegiatan Semarak Ramadhan istighosah bersama JIMM FST sebelum ujian. 

Rangkaian kegiatan berbagi kasih ini dimulai dengan membuka open donasi kepada warga FST untuk disalurkan kepada anak panti serta masyarakat yang membutuhkan. Tim Sosial Masyarakat BEM FST Unair melakukan kolaborasi bersama NEC (National Eye Center) dan IKA FST (Ikatan Alumni) untuk memberikan pemeriksaan kepada anak yatim di Panti Asuhan Yatim “Darussalam” Mulyorejo Baru. Kegiatan ini memberikan kebermanfaatan untuk anak-anak panti dalam hal kesehatan mata. Mereka yang mengalami gangguan kesehatan mata diberikan kacamata gratis oleh pihak NEC.

Agenda lain dari tim panitia Rabu Peka adalah mengadakan INSANI (Iftar and Santunan with Alumni). Dalam kegiatan ini, Tim panitia bersama IKA memberikan santunan kepada Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Anak panti asuhan hadir dalam kegiatan INSANI dan berbuka bersama BEM FST dan IKA. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen yang turut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Tak cukup disana, BEM FST UNAIR juga melakukan kegiatan bagi-bagi takjil kepada masyarakat sekitar kampus A, B, dan C. Kegiatan ini dilakukan bersama JIMM, Himbio, Himaki, dan LPM Format FST. Sekitar 50 pax makanan tersalurkan kepada masyarakat. Selain di kegiatan INSANI, tim Rabu Peka juga memberikan santunan langsung kepada panti asuhan “Yasiin” di Kalijudan dan “Roudhatul Jannah” di Mulyorejo untuk memberikan beberapa paket sembako.

Agenda selanjutnya, tim panitia Rabu Peka BEM FST Unair menjalankan kegiatan Semarak Ramadhan bersama JIMM FST dengan pemateri Ustad Aditya Ahmad Yani dan dilanjutkan dengan kegiatan istighosah untuk berdoa bersama meminta kelancaran ujian kepada Tuhan YME. Kegiatan ini berlangsung dengan hikmat, beberapa mahasiswa muslim FST dari 8 prodi turut ikut serta untuk menyukseskan acara ini. 

Kegiatan rabu peka memberikan manfaat yang baik bagi mahasiswa. selain mampu menjalin silaturrahmi dengan para alumni, dengan adanya istighosah ini juga memberi peran penting bagi mahasiswa untuk bisa mendekakatkan diri kepada tuhan YME khususnya bagi mahasiswa yang menjalankan ibadah Bulan Ramadhan di FST. 

“Sebenarnya kalau dari Sosling sendiri fokusnya di santunan, jadi kami mencoba untuk mewadahi kita semua untuk bisa mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih peduli dengan sesama,” ungkap Rochma selaku Penanggungjawab Proker Rabu Peka.

Dari program Rabu Peka ini, kami berharap dapat memberikan kebermanfaatan di Bulan Ramadhan kepada sesama manusia.