Universitas
Airlangga

Fakultas
Sains dan Teknologi

Universitas
Airlangga

Fakultas
Sains dan Teknologi

FST NEWS

Student Inbound Mobility Programs: Kolaborasi BEM FST UNAIR dengan JPKK Universiti Malaysia Terengganu

Pada hari Sabtu, 28 September 2024, BEM FST UNAIR menerima kunjungan dari Universiti Malaysia Terengganu dalam rangkaian acara Student Inbound Mobility Programs: International Visit Between BEM FST Universitas Airlangga x JPKK Universiti Malaysia Terengganu. Kunjungan yang diisi dengan berbagai kegiatan bonding ini bertujuan untuk membangun kolaborasi antara kedua universitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus C Universitas Airlangga, dengan peserta yang terdiri dari 10 mahasiswa FST UNAIR dan 14 perwakilan dari Universiti Malaysia Terengganu.

Kegiatan Student Inbound Mobility Programs dibuka dengan opening ceremonial. Setelah seremoni pembukaan selesai, BEM FST UNAIR mengajak perwakilan dari Universitas Malaysia Terengganu untuk melakukan campus tour. Mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu diajak untuk berkeliling kampus C UNAIR dan dijelaskan terkait sejarah-sejarahnya. Kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan wisuda UNAIR ke-244 sehingga mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu dapat melihat secara langsung para wisudawan dan ikut merasakan euphoria keseruan arak-arakan wisuda UNAIR yang berkesan. Kegiatan Student Inbound Mobility Programs kemudian ditutup dengan closing ceremonial.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, BEM FST UNAIR bertujuan untuk memberikan impact berupa terjalinnya tali persaudaraan dan kolaborasi yang kuat antara kedua universitas. Campus tour diharapkan dapat memberikan informasi-informasi faktual tentang Universitas Airlangga kepada mahasiswa-mahasiswa Universiti Malaysia Terengganu. Selain itu, pada saat kegiatan berlangsung, bonding antara kedua pihak tentu saja dapat memunculkan relasi pertemanan antara para mahasiswa. Para peserta kegiatan juga bisa saling mempelajari budaya masing-masing negara melalui penampilan pentas saat rangkaian acara closing dinner.

Kegiatan Student Inbound Mobility Programs ini juga dilakukan untuk memenuhi poin-poin SDGs atau Sustainable Development Goals. Dalam pelaksanaannya, Student Inbound Mobility Programs berhasil mencapai poin 17 SDGs, yakni Partnerships for the Goals (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan). Kerja sama dengan universitas internasional ini membantu memperkuat upaya dalam mencapai SDGs secara kolektif dan efektif. Hal ini berkaitan langsung dengan visi dan misi dari BEM FST UNAIR, yaitu inclusive collaboration berupa kerja sama dan kolaborasi dengan organisasi mahasiswa pada tingkat nasional maupun internasional.