Faculty of Science and Technology

Unair Mathematics Explains the Application of Calculus and Its Geometric Aspects

Date


Sabtu (6/3), Departemen Matematika Universitas Airlangga (Unair) berpartisipasi dalam kegiatan Kuliah Tamu daring yang diadakan oleh Universitas Billfath sebagai narasumber. Materi dengan tema “Penerapan Kalkulus dan Aspek Geometrisnya” disampaikan oleh dosen Departemen Matematika Unair, Dr. Eridani, M.Si.  Acara ini dihadiri oleh sekitar 85 peserta yang berasal dari Universitas Billfath dan perguruan tinggi lain, seperti: ITB, ITS, IKIP PGRI Bojonegoro, Universitas PGRI Ronggolawe tuban, Universitas Qomaruddin Gresik, Institut Teknologi Kalimantan, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara dibuka dengan sambutan Dekan FMIPA Universitas Billfath, Wahib, S.Ag., S.Si., M.Pd. dilanjutkan dengan pembacaan doa. Penyampaian materi dipandu oleh Ketua Prodi Matematika Universitas Billfath, Aris Alfan, S.Si., M.Si, sebagai moderator

Acara kuliah tamu dibagi menjadi dua sesi, yaitu: sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Pada kesempatan ini, Pak Eridani menyampaikan bagaimana teorema-teorema di kalkulus digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep yang berhubungan dengan geometri. Di samping itu, beliau juga memaparkan pemanfaatan kalkulus dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan kalkulus, guru tidak hanya mampu menyampaikan materi, tapi juga mampu memotivasi siswa untuk semangat mempelajari matematika dengan menunjukkan berbagai pemanfaatan matematika di kehidupan sehari-hari”, ungkapnya. Peserta yang berasal dari latar belakang jurusan yang berbeda turut meramaikan acara ini pada sesi tanya jawab dengan berbagai pertanyaan berkaitan dengan pemanfaatan kalkulus di bidang masing-masing. Pak Aris, selaku moderator sekaligus penanggungjawab acara ini menyampaikan bahwa peserta yang berasal dari jurusan selain matematika di Billfath penasaran kenapa mereka juga diharuskan mempelajari kalkulus. Melalui kuliah tamu ini diharapkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab sehingga memotivasi mahasiswa untuk mempelajari kalkulus.

Acara yang berlangsung selama hampir dua jam, mulai pukul 08.00 WIB, ini merupakan inisiasi rangkaian seri kuliah tamu kerjasama Departemen Matematika Unair dengan Prodi Matematika Universitas Billfath yang rencananya akan dilaksanakan rutin setiap bulan dengan mengangkat topik-topik yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kuliah tamu seri 1 dapat terus disaksikan melalui Youtube pada link https://intip.in/KultamSeri1. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud pengabdian masyarakat dosen-dosen departemen Matematika Unair untuk membantu mengembangkan perguruan tinggi baru di lingkungan Unair. Harapannya, kegiatan semacam ini akan terus berlanjut dengan menggaet perguruan tinggi yang lain.

by USID@20210315

More
articles

en_USEnglish