Fakultas Sains dan Teknologi

Prof. Sulaiman Wadi Harun Memaparkan Tentang “Strategics to Increase Citation & High Impact Publications”

Date

Pada Jumat, 26 Agustus 2022, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR menyelenggarakan kuliah tamu dengan pemateri Prof. Sulaiman Wadi Harun dari University of Malaya, Malaysia. Prof Sulaiman adalah Kepala Departemen Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, University of Malaya. Beliau memiliki keahlian di bidang fotonika dan serat fiber dan telah mempublikasikan 1.165 naskah ilmiah, buku, dan paten di bidang tersebut. Kuliah tamu yang diberikan Prof. Sulaiman berjudul ‘Strategics to Increase Citation & High Impact Publications’. Acara ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa S2, dan S3 dari berbagai program studi di FST UNAIR.

Dalam kuliah tamu tersebut Prof. Sulaiman menyampaikan bahwa tujuan utama dari mempublikasikan naskah ilmiah adalah untuk mendapatkan kritik dan masukan terkait penelitian yang kita lakukan, baik dari reviewer jurnal maupun pembaca naskah secara umum. Oleh karena itu, publikasi ilmiah harus disusun dengan penuh integritas dan kejujuran. Naskah ilmiah juga harus disusun dengan sistematis untuk menyampaikan satu ide dan informasi yang jelas. Untuk menjadi seorang peneliti yang produktif Prof. Sulaiman menganjurkan bahwa seorang peneliti harus: (1) Secara rutin membaca publikasi terbaru di bidangnya, (2) Mengetahui limitasi yang ada di lingkungan peneliti, baik dari segi pendaanaan, sarana, dan prasarana penelitian, (3) Berusaha mengupdate dan memperbaharui peralatan yang ada di laboratorium, (4) Memilih dan menyeleksi staf dan mahasiswa dengan baik, (5) Melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, dan (6) Menyiapkan waktu khusus untuk menulis dengan disiplin.

Prof. Sulaiman menyampaikan bahwa dalam penulisan naskah ilmiah harus disusun dengan sistematika sebagai berikut: (1) Menyampaikan permasalahan yang ingin dipecahkan, (2) menjelaskan bahwa permasalahan tersebut menarik baik bagi dunia ilmiah dan/atau masyarakat umum, (3) menegaskan bahwa masalah tersebut belum ada solusinya, (4) menyampaikan ide peneliti untuk memecahkan permasalahan tersebut, (5) menguraikan bahwa ide peneliti bekerja didukung dengan data yang jelas, akurat, dan detail, (6) membandingkan dan membahas ide dan temuan peneliti dengan publikasi-publikasi sebelumnya.

Setelah Prof. Sulaiman menyampaikan materi kuliahnya, acara diikuti dengan diskusi antara Prof. Sulaiman dengan para peserta kuliah tamu tersebut. Dalam diskusi yang berlangsung, Prof. Sulaiman menyampaikan bahwa seorang peneliti dinilai dari hasil kerja dan publikasinya, bukan darimana dia berasal. Asalkan seorang peneliti mau untuk bekerja keras dia akan mencapai kesuksesan dan reputasi yang baik di dunia ilmiah. Prof. Sulaiman juga menjelaskan bahwa tidak ada penelitian dan peneliti yang sempurna, semua orang pernah ditolak oleh jurnal saat akan publikasi, atau mengalami kegagalan saat penelitian. Tapi kuncinya adalah terus berusaha dan aktif berkolaborasi dengan peneliti lain.

Acara kuliah tamu diakhiri dengan sesi ramah tamah dan dokumentasi. Peserta kuliah tamu menyampaikan bahwa materi dan saran yang disampaikan oleh Prof. Sulaiman memberikan perspektif baru bagi mereka dalam pengelolaan penelitian dan penulisan publikasi ilmiah. Materi yang disampaikan juga memberikan tambahan motivasi bagi peserta untuk terus aktif bekerja dan berkolaborasi dalam kegiatan penelitian.

More
articles

id_IDIndonesian