Fakultas Sains dan Teknologi

Membantu Meningkatkan Penerapan PHBS, FST Unair Menyerahkan Alat Cuci Tangan Otomatis ke Puskesmas Mulyorejo

Date

Di masa pandemi seperti ini, semua masyarakat harus bekerja sama untuk memutuskan rantai pandemi COVID-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku yaitu 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Dengan cara ini, masyarakat dapat membantu untuk melawan pandemi COVID-19.

Untuk membantu meningkatkan penerapan protokol kesehatan, berbagai institusi terus berinovasi membuat atau mengembangkan fasilitas-fasilitas yang menunjang. Inovasi ini seperti misalnya disinfektan dan strelisasi alat kesehatan, alat cuci tangan, dan sebagainya. Hal ini dapat berguna terutama untuk menunjang fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada.

Dengan dilatar belakangi hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR) akan memberikan alat cuci tangan otomatis bernama SWAM kepada salah satu fasilitas kesehatan masyarakat yang dekat dengan lokasi Universitas Airlangga Kampus C, yaitu Puskemas Mulyorejo.

Salah seorang dosen FST Unair, Dr. Nurina Fitriani, S. T. menyampaikan bahwa alat cuci tangan merupakan salah satu alat penunjang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bersifat wajib di masa pandemi ini. Alat cuci tangan otomatis SWAM ini merupakan alat cuci tangan pintar yang dapat memudahkan proses cuci tangan.

Alat bernama SWAM ini juga dilengkapi dengan langkah – langkah untuk melakukan cuci tangan yang benar, yakni tujuh langkah mencuci tangan yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO). Langkah-langkahnya meliputi cara memakai sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak tangan, dan punggung tangan secara bersih, terhindar dari kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Puskesmas Mulyorejo adalah salah satu garda utama masyarakat di sekitarnya untuk mendapatkan fasilitas kesehatan ataupun pertolongan pertama, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini. Dengan adanya alat cuci tangan otomatis yang akan diberikan kepada Puskesmas Mulyorejo ini, diharapkan masyrakat lebih mudah dan lebih rajin untuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

Penulis: Juwita Natalia Sinaga – LPM FORMAT 2021

More
articles

id_IDIndonesian