Mahasiswa FST UNAIR Ikuti KKN Kebangsaan 2019

Date

Dua mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR), Tri Irvan H. dan Gilbrania Salsabila A., bersama tiga mahasiswa UNAIR lainnya bertolak ke Maluku Utara hari Kamis (18/7/2019) untuk mengikuti program KKN Kebangsaan 2019. Gilbrania melakukan kegiatan pengabdian di Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Kota Ternate, sementara Irvan mengabdi di Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Tidore, Kota Tidore.

KKN Kebangsaan 2019 dilaksanakan selama 34 hari, yaitu mulai tanggal 19 Juli 2019 sampai 21 Agustus 2019. Persiapan peserta untuk kegiatan ini lebih difokuskan ke persiapan diri dibandingkan kelompok.

“Persiapan dari kami lebih kepada teknis pribadi masing-masing karena penentuan kelompok KKN baru ditentukan sembilan hari sebelum keberangkatan dan kita hanya berkomunikasi lewat grup WA, sedangkan untuk program kegiatan sebagian besar juga sudah ditentukan oleh panitia,” aku Irvan.

Delegasi FST UNAIR itu menjelaskan bahwa peserta KKN Kebangsaan 2019 mengemban tiga misi utama. Ketiga misinya yaitu mengembangkan ekowisata dan konservasi rempah, meningkatkan kesadaran dan pemahaman mitigasi bencana, dan meningkatkan nilai-nilai nasionalisme serta Pancasila. Misi kedua dianggap penting karena Ternate dan Tidore berada di kepulauan yang terletak di sabuk cincin api, sehingga wilayahnya rawan gempa, tsunami, dan letusan gunung api.

Penulis: Dida S. N. Hilman                                                    

More
articles

id_IDIndonesian